Selasa, 01 Mei 2012

pengertian cinta kasih

artikel:

Cinta Kasih Hari Ibu di Berbagai Daerah

Tim Liputan 6 SCTV
22/12/2011 17:22
Liputan6.com, Semarang: Pementasan wayang orang meriahkan peringatan Hari Ibu atau Mother's Day di Semarang, Jawa Tengah, Kamis (22/12). Pemain seluruh tokoh dalam pentasan tersebut dilakoni wanita, termasuk tokoh ksatria dan punakawan. Pementasan dengan lakon Srikandi Madep Senopati itu menyiratkan bahwa ibu adalah sosok yang tangguh dan kuat.

Berbagai cara dilakukan untuk memperingati Hari Ibu. Di Jakarta, Hari Ibu diperingati ratusan pengunjuk rasa yang menuntut perlindungan terhadap kaum perempuan. Khususnya, TKI di luar negeri yang kerap disiksa.

Upacara Hari Ibu di Tasikmalaya, Jawa Barat, dibawakan petugas upacara yang kesemuanya perempuan dengan menggunakan kebaya. Ini dilakukan sebagai bentuk penghargan bagi para pahlawan perempuan pejuang kesetaraan. Meski saat ini, 99 persen pejabat ditingkat sekretariat daerah (sekda) hingga kepala dinas di Pemda Tasikmalaya, diisi laki-laki.

Di Makassar, Sulawesi Selatan, sebuah pusat perbelanjaan membuat ruang untuk menyusui sebagai bentuk sayang ibu. Meski berukuran mini, ruang tertutup ini dilengkapi dengan segala kebutuhan bayi seperti popok dan lap pembersih. AC dan petugas kebersihan disiapkan untuk menjaga kenyamanan ruangan untuk mengurangi beban ibu setelah melahirkan.

Puluhan anak taman kanak-kanak di Takalar, Sulawesi Selatan, membuat gambar dan puisi bagi ibu mereka. Mereka kemudian melakukan sungkem massal di lapangan sekolah.

Sementara itu, para pejabat di Polewali Mandar, Sulawesi Barat, memperingati Hari Ibu dengan mengayuh becak sambil membawa istri atau ibu masing-masing. Ini sebagai bentuk ungkapan kasih sayang terhadap para istri dan ibu yang sangat mereka cintai. (APY/Vin)

sumber dari sini

teori:

Menurut kamus umum bahasa Indonesia karya W.J.S Poerwa Darminta, cinta adalah rasa sangat suka (kepada) atau (rasa) sayang (kepada), ataupun (rasa) sangat kasih atau sangat tertarik hatinya. Sedangkan kata kasih artinya perasaan sayang atau cinta kepada atau menaruh belas kasihan, dengan demikian arti cinta dan kasih hampir bersamaan, sehingga kata kasih memperkuat rasa cinta. Karena itu cinta kasih dapat diartikan sebagai perasaan suka (sayang) kepada seseorang yang disertai dengan menaruh belas kasih.
Walaupun cinta kasih memegang peranan yang penting dalam kehidupan manusia, saebab cinta merupakan landasan dalam kehidupan perkawinan, pembentukan kelurga dan pemeliharaan anak, hubungan yang erat dimasyarakat dan hubungan manusiawi yang akrab. Demikian pula cinta adalah pengikat yang kokoh antara manusia dengan Tuhanya sehingga manusia menyembah Tuhan dengan ichlas, mengikuti perintahNya, dan berpegang teguh pada syariatNya.
Dalam bukunya seni mencinta, Erich Fromm menyebutkan, bahwa cinta itu terutama memberi, bukan menerima. Dan memberi merupakan ungkapan yang paling tinggi dari kemampuan.
Yang paling penting dalam memberi ialah hal-hal yang sifatnya manusiawi, bukan materi. Cinta selalu menyatakan unsur-unsur dasar tertentu, yaitu pengasuhan, tanggung jawab, perhatian dan pengenalan.Pada pengasuhan contoh yang paling menonjol adalah cinta seorang ibu pada anaknya, bagaimana seorang ibu dengan rasa cinta kasih mengasuh anaknya dengan sepenuh hati, Sedang dengan tanggung jawab dalam arti benar adalah sesutu tindakan yang sama sekali sukarela yang dalam kasus hubungan ibu dan anak bayinya menunjukkan penyelenggaraan atas hubungan fisik, Unsur yang ketiga adalah perhatian yang berarti memperhatikan bahwa pribadi lain itu hendaknya berkembang dan membuka diri sebagaimana adanya, yang keempat adalah pengenalan yang merupakan keinginan untuk mengetahui rahasia manusia. Dengan keempat unsur tersebut yaitu pengasuhan, tanggung jawab, perhatian dan pengenalan suatu cinta dapat dibina secara lebih baik.
Pengertian tentang cinta dikemukakan juga oleh Dr. Sarlito W. Sarwono, dikatakan bahwa cinta memiliki tiga unsur yaitu: keterikatan. Keintiman, dan kemesraan. Yang dimaksud dengan keterikatan adalah adanya perasaan untuk hanya bersama dia, segala prioritas untuk dia, tidak mau pergi dengan orang lain kecuali dengan dia, kalau janji dengan dia harus ditepati. Unsur yang kedua adalah keintiman yaitu adanya kebiasaan-kebiasaan dan tingkah laku yang menunjukan bahwa antara anda dengan dia sudah tidak ada jarak lagi. Panggilan-panggilan formal seperti bapak, ibu, saudara digantikan dengan sekedar memanggil nama atau sebutan, sayang dan sebagainya.Makan minum dari satu piring, cangkir tanpa rasa risi, pinjam meminjam baju, saling memakai uang tanpa rasa berhutang, tidak saling menyimpan rahasia dan lain-lainya. Unsur yang ketiga adalah kemesraan, yaitu adanya rasa ingin membelai dan dibelai, rasa kangen kalau jauh atau lama tidak bertemu, adanya ucapan-ucapan yang mengungkapkan rasa sayang,dan seterusnya.
Selain pengertian yang dikemukakan oleh Sarlito, lain halnya pengertian cinta yang dikemukakan oleh Dr. Abdullah Nasih Ulwan, dalam bukunya manajemen cinta. Cinta adalah perasaan jiwa dan gejolak hati yang mendorong seseorang untuk mencintai kekasihnya dengan penuh gairah, lembut, dan kasih sayang.
Cinta adalah fitrah manusia yang murni, yang tak dapat terpisahkan dengan kehidupannya. Ia selalu dibutuhkan, jika seseorang ingin menikmatinya dengan cara terhormat dan mulia, suci dan penuh taqwa, tentu ia akan mempergunakan cinta itu untuk mencapai keinginannya yang suci dan mulia pula.
Cinta tingkat tertinggi adalah cinta kepada Allah, Rasulullah, dan berjihad dijalan Allah. Cinta tingkat menengah adalah cinta kepada orang tua, anak, saudara, suami / istri dan kerabat. Cinta tingkat terendah adalah cinta yang lebih mengutamakan cinta keluarga, kerabat, harta, dan tempat tinggal.
sumber: dari sini

Pendapat saya :
Cinta kasih adalah anugrah terindah yang Allah berikan kepada ummatnya yanga ada di seluruh jagat raya ini .. dengan adanya kasih sayang ini kita dapat merasakan tentang indahnya berpasangan yang saling mencintai, hal itu yang sangat di perlukan untuk makhluk dalam menjalani kehidupannya sebagai makhluk yang istimewa .. tanpa adanya cinta kasih makhluk hidup tidak bisa bisa berkembang biak .. itulah kuasa tuhan yang di berikan kepada kita ..
pada intinya cinta kasih penting buat semua mahkluk. Cinta adalah sebuah emosi dari kasih sayang yang kuat dan ketertarikan pribadi. Dalam konteks filosofi cinta merupakan sifat baik yang mewarisi semua kebaikan, perasaan belas kasih dan kasih sayang. Pendapat lainnya, cinta adalah sebuah aksi/kegiatan aktif yang dilakukan manusia terhadap objek lain, berupa pengorbanan diri, empati, perhatian, memberikan kasih sayang, membantu, menuruti perkataan, mengikuti, patuh, dan mau melakukan apapun yang diinginkan objek tersebut.

nama            : harry setiawan
kelas             : 1KB03
NPM            : 23111246
jurusan         : sistem komputer
universitas   : universitas gunadarma
tugas 2 ilmu budaya Dasar (manusia dan cinta kasih)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar